top of page

Kelola stok dengan perangkat lunak modern - Dynamics 365 Business Central


Saat bisnis kecil hingga menengah sedang berkembang, Anda mungkin mendapati bisnis eCommerce, logistik, dan stok Anda menjadi lebih rumit. Mungkin tidak mudah untuk melacak stok dan pengisian dilakukan seperti biasa. Jadi, Anda perlu menerapkan proses dan sistem yang dilengkapi untuk menangani beban kerja baru.


Di sinilah perangkat lunak modern diperlukan untuk mengelola stok. Dengan perangkat lunak modern, kontrol internal dan produksi akan tepat, Anda dapat memastikan pengendalian biaya operasional sekaligus memenuhi permintaan pelanggan Anda.


Kontrol stok

Kontrol stok, juga dikenal sebagai kontrol inventaris dan proses pengelolaan tingkat stok perusahaan Anda di satu atau beberapa lokasi. Pada dasarnya, melacak item/barang untuk memastikan bisnis Anda menyimpan jumlah suku cadang atau produk yang optimal dalam stok, baik secara online, di rak, atau keduanya. Sistem kontrol stok juga memantau penggunaan, penyimpanan, dan pergerakan produk dari kedatangan di ruang stok hingga kedatangan pengiriman pelanggan.


Dengan perangkat lunak moderen Anda dapat berfokus pada manajemen stok dan meningkatkan volume penjualan yang tinggi dan memaksimalkan keuntungan Anda, sekaligus menghemat waktu, sumber daya, dan uang dengan memaksimalkan jumlah stok paling sedikit di gudang Anda.


Source: Freepik

Manfaat dari kontrol stok

Mengontrol stok Anda merupakan bagian dari semua bisnis Anda, namun hampir setengah dari bisnis kecil tidak memiliki kontrol stok. Meskipun masih mungkin untuk mempertahankan volume penjualan yang tinggi, profitabilitas akan segera menurun jika Anda tidak memilikinya. Pelanggan biasanya tidak akan menunggu backorder atau produk dengan waktu pengiriman yang diperpanjang, mereka hanya akan melihat pesaing Anda untuk memenuhi pesanan mereka.

Berikut manfaat kontrol stok:

  • Kontrol kualitas. Melacak dan kelola semua aspek stok Anda, termasuk kualitas, untuk memastikan potongan diputar melalui gudang Anda.

  • Kontrol organisasi. Memastikan Anda memiliki produk yang cukup untuk memenuhi setiap pesanan yang masuk, serta stok pengaman—stok yang berfungsi sebagai penyangga untuk mengurangi item yang diberi label “kehabisan stok”.

  • Akurasi akuntansi. Menyimpan catatan akurat tentang stok Anda sangat penting untuk mengelola aset Anda, terutama dalam audit. Mengetahui jumlah produk Anda memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa banyak produk Anda yang hilang, hancur, atau rusak dan memahami nilai bisnis Anda.

Pelacakan stok yang tepat berarti pesanan diisi dengan cepat dan akurat, dengan peningkatan efisiensi dan produktivitas, sambil menawarkan pemilik bisnis lebih banyak waktu, uang, dan pelanggan yang kembali—dengan produk yang semuanya berasal dari gudang atau ruang penyimpanan yang terorganisir. Tetapi untuk melacak stok Anda, Anda harus memahami nuansa dasar kontrol dan manajemen.



Kontrol stok vs. manajemen stok vs. aset tetap vs. manajemen gudang

Ini mungkin terdengar serupa, tetapi masing-masing membantu bisnis Anda dengan cara yang berbeda. Sementara kontrol stok bekerja dengan stok di gudang pemasok Anda, manajemen stok mencakup proses pengisian dan perkiraan. Ini memastikan Anda selalu memiliki stok yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan jumlah produk yang tepat.


Anda juga harus mengelola aset tetap seperti mesin dan peralatan, serta kemungkinan ruang sewa yang Anda perlukan untuk membantu produksi produk Anda. Dikenal sebagai akuntansi aset tetap, menyimpan buku besar semua aset tetap yang digunakan untuk membuat produk Anda—tetapi sebenarnya bukan bagian dari aliran pendapatan Anda—membantu menjelaskan semua biaya tersembunyi dalam proses produksi.


Manajemen gudang memastikan stok Anda terorganisir dengan baik di semua lokasi penyimpanan. Ketika stok mudah ditemukan dan disimpan untuk mengoptimalkan ruang, orang-orang Anda dapat memilih dan mengirimkan pesanan pelanggan lebih cepat.


Ini semua adalah bagian integral dari bisnis Anda: Kontrol stok berfokus pada saat ini sementara aset tetap dan manajemen stok melukiskan gambaran masa depan Anda. Bergandengan tangan, Anda pasti akan meningkatkan kontrol stok saat Anda mencapai manajemen stok yang lebih baik.


Bagaimana cara menemukan sistem kontrol stok yang Anda butuhkan?

Untuk menemukan sistem yang tepat, Anda harus memahami keinginan dan kebutuhan perusahaan Anda. Mulailah dengan mengajukan tiga pertanyaan:


1. Jenis produk dan jumlah apa yang perlu saya lacak?

Prioritas Anda akan pada kebutuhan bisnis Anda – jika itu berarti berfokus pada tanggal kedaluwarsa untuk barang yang mudah rusak, suku cadang terbatas, atau barang musiman, maka Anda harus merencanakan sistem yang sesuai dengan pasang surutnya stok sambil mengawasi supply chain management. Anda.


2. Fitur apa yang saya perlukan untuk mengelola stok saya?

Apakah Anda memiliki stok di beberapa gudang atau hanya satu ruang stok? Apakah Anda perlu mengintegrasikan solusi bisnis digital tambahan, dan bagaimana hal itu akan memengaruhi bisnis Anda? Dengan mencatat kemungkinan ini akan membantu Anda untuk siap memiliki sistem kontrol stok yang akan bertahan lebih dari satu atau dua tahun.


3. Berapa anggaran saya untuk perangkat lunak kontrol stok?

Tuliskan semua yang Anda perlukan sekarang dan untuk masa depan, termasuk biaya pelatihan dan perangkat lunak. Bandingkan biaya tersebut, berapa banyak waktu dan upaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek, serta perkiraan laba atas investasi (ROI) Anda dari pengurangan jam kerja, biaya penyimpanan, dan perkiraan peningkatan pelanggan. Jika memungkinkan untuk menggunakan vendor, pastikan vendor yang terpercaya dan tersertifikat sebagai mitra resmi Microsoft. WCS (Wahana Ciptasinatria) merupakan Microsoft Gold Partner sejak 2008.

Temukan partner resmi Microsoft Gold Part disini.


ERP sebagai solusi lengkap

Upaya Anda untuk memastikan dan mempertahankan keunggulan kompetitif, sumber daya serupa akan muncul dalam pencarian Anda untuk solusi pengendalian stok yaitu enterprise resource planning (ERP). ERP memudahkan para pemimpin untuk mengelola semua aspek bisnis mereka pada satu platform, tidak hanya stok Anda, tetapi item lain seperti keuangan, perencanaan, logistik, dan operasi Anda.


Solusi all-in-one ini mungkin tampak menarik, karena Anda akan memiliki kemampuan untuk mengelola banyak sistem, tetapi Anda harus memastikan itu akan bekerja untuk tim Anda. Bebrapa hal tampak mahal juga, menambahkan waktu pelatihan pada tenaga kerja Anda terhadap tim. Namun perangkat lunak stok dapat fleksibel, memiliki manfaat lebih yang sangat dirasakan, dan dapat diintegrasikan ke dalam banyak sistem yang berbeda. Dengan hal ini akan memberi Anda fleksibilitas dalam membangun proses untuk organisasi Anda sesuai keinginan Anda maupun pengambil keputusan. Dynamics 365 Business Central berfungsi sebagai solusi bisnis penting untuk membantu mengoptimalkan operasi Anda.

Lihat pelanggan yang menggunakan Microsoft Dynamics:


AEON MALL is a specialist shopping centre developer that has a customer-first philosophy in an effort to guide sustainable quality of life improvement and stimulate local economic activity...


PT Adaro Mining Technologies (AMT) and PT Sarana Multi Talenta (SMT) are companies of the Adaro Group, operating coal mining operations in South Kalimantan and Central Kalimantan under...


PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk is one of the largest companies in the feed mill industry. Hopefully, with the upgraded system, Sreeya can continue to increase #productivity, efficiency and...




bottom of page