top of page

Empat tren teknologi yang membantu mengembangkan bisnis di dunia digital

Diperbarui: 28 Mar 2022

Dekade terakhir telah membawa perubahan luar biasa pada cara orang berinteraksi dan ekspektasi terhadap bisnisnya. Penggunaan internet yang tinggi, perangkat seluler yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dan solusi berbasis cloud telah menjadi arus utama. Tren baru yang dimungkinkan oleh kemajuan teknologi ini muncul dengan cepat. Tapi apakah bisnis Anda sudah siap?

Kabar baiknya adalah bahwa alat yang membantu bisnis memanfaatkan transformasi digital ini lebih mudah diakses daripada sebelumnya. Cloud merupakan teknologi yang mengurangi hambatan seperti biaya tinggi, pemeliharaan infrastruktur berkelanjutan, dan ketergantungan TI. Dengan hal ini perusahaan mampu memanfaatkan teknologi modern menjadi efisien, meningkatkan interaksi pelanggan, dan berdampak positif pada profitabilitas.


Mari kita uraikan empat kemajuan teknologi yang dapat membantu organisasi memanfaatkan peluang bisnis untuk menjadi lebih kompetitif dari sekarang dan di masa depan.


1. Cloud computing is no longer just a buzzword

Teknologi cloud merupakan penetapan dasar transformasi untuk bisnis. Adopsi layanan cloud di seluruh dunia terus meningkat dengan kecepatan yang luar biasa. Untuk hampir semua industri, cloud mengubah cara orang bekerja, tempat orang bekerja, dan cara orang melakukan bisnis. Mengadopsi cloud masih lebih efektif dalam pengurangan biaya sebagai prioritas utama, serta skalabilitas dan kelincahan bisnis melangkah ke garis depan.


“71% of strategic buyers cite scalability, cost and business agility as the most important drivers for using cloud services.“ - Gigaom Research


Generasi berikutnya dari aplikasi bisnis di cloud memungkinkan untuk memulai dengan apa yang paling masuk akal untuk bisnis Anda beserta kemudahan perluasan dan modifikasinya. Hal ini karena kebutuhan bisnis berubah dari waktu ke waktu tanpa mempermasalahkan kerumitan TI dan gangguan pada bisnis. Dengan penyedia layanan yang tepat dan aplikasi yang tepat di cloud, proses bisnis yang kompleks pun dapat dipindahkan ke cloud dengan percaya diri.


“If you’re resisting the cloud because of security concerns, you’re running out of excuses.” - Forrester


“By 2020 clouds will stop being referred to as ‘public’ and ‘private.’ It will simply be the way business is done and IT is provisioned.” - IDC


2. Digital transformation is taking connectivity to new heights

Microsoft baru-baru ini menyurvei pemilik usaha kecil dan menengah serta karyawan tentang memahami masalah mereka yang paling menantang. Kehilangan produktivitas dikarenakan habisnya waktu bekerja di beberapa sistem yang tidak saling berkomunikasi menjadi masalah umum yang dilaporkan oleh pemilik bisnis dan manajer TI. Sistem yang terputus menyebabkan proses manual, entri duplikat, dan laporan yang kedaluwarsa sebelum selesai dijalankan. Kurangnya visibilitas menghalangi pengambilan keputusan dan membahayakan umur panjang bisnis Anda.


Agar bisnis dapat bertahan dan berkembang di era baru ini, perusahaan harus merangkul transformasi digital. Tapi apa itu transformasi digital? Definisi sederhananya adalah penggunaan teknologi digital, seperti seluler, sosial, analitik, dan cloud untuk mengubah cara orang bekerja dan bisnis beroperasi. Bisnis digital yang kurang matang hanya berfokus pada pemecahan masalah bisnis terpisah dengan teknologi digital individu. Sedangkan bisnis harus mampu menghubungkan semua proses, sistem, orang, dan data yang diperoleh menjadi wawasan terhadap apa yang terjadi didalam perusahaan. Sehingga mereka mampu mengantisipasi apa yang akan terjadi dan memanfaatkan wawasan itu dengan cepat.


Batas-batas tradisional dibentuk kembali dengan lebih terstruktur dengan adanya transformasi digital. Silo historis antara CRM yang berbeda, sistem ERP/Akuntansi, dan sistem pihak ketiga lainnya. Selain itu, aplikasi bisnis yang sekarang bekerja tanpa hambatan bersama dengan alat produktivitas seperti email, konten, dan pemrosesan data, mengaburkan batas antara proses bisnis terstruktur dan produktivitas pribadi yang tidak terstruktur sehingga orang dan bisnis dapat mencapai lebih banyak hal.

 

Misalnya, dengan Microsoft Dynamics 365 Business Central Anda dapat beralih dari penawaran ke uang tunai tanpa kerumitan berpindah aplikasi. Siapkan pelanggan atau vendor, buat penawaran, proses pesanan, dan kirimkan faktur tanpa meninggalkan kotak masuk Anda. Ekspor data dengan mudah dan buat dokumen keluar langsung di Word dan Excel dengan integrasi tanpa batas antara Microsoft Dynamics 365 dan Office 365.

 

3. The “Internet of Things” isn’t a mystery, it’s a reality

Internet of Things (IoT) mengacu pada pengumpulan dan analisis data untuk mengidentifikasi pola, melacak tren, dan bahkan memprediksi perilaku.


Setiap bisnis mengumpulkan data. Rahasianya adalah menggunakan informasi itu untuk wawasan yang lebih baik tentang perilaku pelanggan dan efisiensi operasional. Organisasi yang dapat memanfaatkan nilai data mereka untuk memprediksi masa depan alih-alih hanya bereaksi terhadap hal yang sudah terjadi dapat dimanfaatkan untuk hal yang akan berkembang.


Cloud mengubah cara data dikelola dan dikirimkan. Ada dunia data yang tersedia (baik di dalam maupun di luar organisasi Anda) dan aplikasi bisnis yang memasukkan data besar, analitik tingkat lanjut, dan IoT ke dalam proses bisnis dapat secara aktif memandu karyawan dan pelanggan ke hasil yang optimal.


Semakin banyak, Microsoft melihat IoT menjadi bagian dari struktur bisnis, menyatukan aset, data, dan proses dengan orang-orang dan sistem bisnis. Persimpangan ini mendorong peluang bisnis baru sekaligus memberikan wawasan yang mendorong interaksi pelanggan yang lebih bermakna.

 

Melalui IoT, bisnis menggunakan data mereka sering kali digabungkan dengan data publik untuk lebih memahami produk, pelanggan, dan pasar mereka. Tantangan bagi setiap bisnis adalah memahami data apa yang tersedia dan bagaimana data tersebut dapat diterapkan pada operasi Anda.


Dengan Dynamics 365 Business Central, data dan wawasan diubah menjadi kecerdasan yang dapat ditindaklanjuti sehingga Anda dapat:

  • Berikan informasi menyeluruh yang memberikan wawasan di seluruh organisasi Anda.

  • Analisis data secara proaktif untuk melihat tren penjualan, mengidentifikasi pelanggan dengan margin tertinggi, mengungkap lini produk yang berkinerja buruk, dan banyak lagi.

  • Gabungkan data dari sumber publik untuk membangun pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan dan peluang pasar Anda.


4. Don’t fear mobility, embrace it

Mobilitas memungkinkan bisnis menerapkan kemajuan teknologi di hari apa pun, di berbagai perangkat, dan di lokasi mana pun.


Karyawan Anda perlu terhubung tidak seperti sebelumnya. Pelanggan mengharapkan perwakilan penjualan dan layanan Anda memiliki akses langsung ke informasi yang mereka butuhkan untuk memecahkan masalah mereka atau memberikan barang atau layanan yang mereka harapkan yang akan mereka terima. Menelepon kembali ke kantor untuk melihat apakah ada barang yang tersedia atau menunggu tanggapan tindak lanjut untuk menjadwalkan janji temu, proses ini akan dikurangi agar lebih efisien.


Aplikasi bisnis berbasis cloud memudahkan karyawan memberikan informasi yang mereka butuhkan untuk tetap produktif di mana pun mereka harus bekerja. Tapi itu tidak cukup untuk dapat mengakses informasi; Anda harus dapat bertindak berdasarkan permintaan pelanggan. Pengalaman seluler Anda harus konsisten dan aman, meniru apa yang dapat Anda lakukan di kantor pada ponsel, laptop, atau tablet Anda terlepas dari sistem operasinya.


Dengan pengalaman seluler Dynamics 365 Business Central, karyawan Anda dapat:

  • Kelola penawaran, proposal, dan pesanan dari lapangan.

  • Konfirmasi status persediaan sebelum membuat komitmen kepada pelanggan.

  • Memberikan layanan yang lebih baik dengan akses penuh ke riwayat pelanggan, kontrak pemeliharaan, dan jadwal layanan.


Dapatkan di Jalan Anda

Transformasi digital tidak terjadi dalam semalam. Kabar baiknya adalah Dynamics 365 Business Central memberi pelanggan pengalaman modern dan familier dengan wawasan, kecerdasan, dan alur kerja bawaan untuk membantu Anda memulai. Dynamics 365 Business Central memungkinkan bisnis untuk:


Menghubungkan bisnis Anda dengan menerapkan satu solusi yang menyatukan keuangan, penjualan, layanan, dan operasi Anda. Tingkatkan produktivitas dan kurangi waktu yang terbuang untuk bolak-balik antara aplikasi bisnis dan email. Tugas bisnis permukaan seperti permintaan penawaran atau faktur dalam Outlook memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan segera tanpa meninggalkan kotak masuk mereka.


Membuat keputusan yang lebih cerdas saat Anda menghubungkan data dari akuntansi, penjualan, pembelian, inventaris, dan interaksi pelanggan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh yang akurat tentang bisnis Anda. Dengan aplikasi bisnis yang memasukkan data besar, analitik canggih, dan IoT ke dalam proses bisnis Anda, Anda mendapatkan kecerdasan bawaan di mana dan kapan pun Anda membutuhkannya.


Mulai dan berkembang dengan mudah dengan mengakses aplikasi yang sesuai dengan peran, industri, dan kebutuhan bisnis. Mulailah dengan kebutuhan Anda dan tumbuh dengan kecepatan Anda sendiri sehingga perubahan tidak menghalangi Anda sehari-hari.


Source: https://www.dynamics365bc.pl/en/knowledge-base/four-technology-trends/

Comentarios


bottom of page