top of page

Transformasi ritel menempatkan bisnis di garis depan


Transformasi Bisnis Ritel

Sudah ada banyak cerita mengenai jatuhnya industri ritel di masa pandemic covid-19, namun berkali-kali, merek-merek tertentu naik ke atas. Dalam hal ini pelaku industri retail kuat: mereka menggunakan teknologi dan data untuk membuat keputusan cerdas untuk bisnis mereka.

Jumlah data yang tersedia yang dikumpulkan dari transaksi, media sosial, telepon mencapai 2,5 trilyun byte data dihasilkan setiap hari. Apa cara paling efektif untuk menangkap dan memfilter data yang berharga tersebut, dan bagaimana cara meningkatkan customer experience dan penghasilan pelaku usaha?


Pelaku usaha yang cerdas tidak hanya mengumpulkan data. Mereka menggunakan analisis data dengan teknologi canggih, mereka juga menerapkannya untuk menciptakan inovasi yang baru dan disesuaikan dengan kondisi seperti pandemic untuk memuaskan, kemudahan bahkan mengerti situasi pelanggan melalui seluruh perjalanan pelanggan — mulai dari browsing, pembelian sampai fullfillment.


Getting Personal

Kita sering lupa bahwa data bersifat pribadi. Data tersebut dihasilkan oleh customer yang sedang mencari suatu barang. Ini berarti data yang kita peroleh dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi bagi pelanggan. Sesuatu yang sesuai dengan keinginan mereka para customer.


Contoh umum dari hal ini adalah rekomendasi belanja yang dipersonalisasi untuk seorang customer yang diatur oleh Machine Learning & Artificial Intelligent. Analisis lanjutan seperti ini juga digunakan untuk mempersonalisasikan program loyalitas, memungkinkan para pelaku usaha untuk menyesuaikan pengalaman untuk pelanggan terbaik mereka. 86% pelanggan akan membayar lebih untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.


Data Customer
Data Customer

Mengubah pengalaman di dalam toko

Pelaku usaha harus menggunakan data untuk menciptakan pengalaman yang mulus antara titik kontak digital dan fisik mereka. Menggunakan data yang dikumpulkan dari digital channels, store associates sekarang bisa menyapa pelanggan dengan nama ketika mereka memasuki toko, serta menawarkan rekomendasi berdasarkan pembelian sebelumnya. Salah satu hal yang bisa ditingkatkan adalah metode pembayaran yang lebih fleksibel dan mudah. Sebagai contoh pembayaran menggunakan device (NFC) atau seperti yang sedang dikerjakan Go-jek sekarang dengan Go-Pay nya. Dengan mempermudah proses pembayaran akan meningkatkan customer experience.


Customer Experience
Customer Experience

Memberdayakan store associates di garis depan

Peningkatan konektivitas perangkat dan penggunaan internet telah membuat konsumen lebih paham tentang suatu produk. Ini jelas merupakan keuntungan bagi pelanggan, tetapi dapat membuat store associates pada posisi yang kurang menguntungkan. Gadget memungkinkan Store Associates memiliki akses yang lebih baik ke informasi produk dan inventaris. 72 persen pelanggan yang berurusan dengan Store Associates menggunakan perangkat seluler untuk memberikan info produk, pembayaran kartu kredit, atau inventaris mencari tahu itu menghasilkan pengalaman belanja yang lebih baik.


Store Associates juga dapat memanfaatkan aplikasi mobile penjadwalan, yang memungkinkan mereka lebih mengontrol shift mereka. Manajer dapat menggunakan aplikasi yang sama ini untuk mengirim pengumuman, pelatihan, dan lainnya. Jenis-jenis aplikasi ini dapat membantu karyawan menjadi lebih terlibat dan berinvestasi, menghasilkan hubungan pelanggan yang meningkat — dan lompatan 20 persen dalam penjualan.

Happy Customer
Happy Customer

Solusi cerdas untuk pelaku retail

Pelaku retail yang cerdas bukan hanya tentang memiliki data yang tepat namun juga memiliki kemampuan untuk menerapkan data itu, bekerja lebih cerdas, dan memberikan hasil yang lebih baik bagi pelanggan. Agar tetap kompetitif, pelaku retail perlu sistem untuk memanfaatkan teknologi mutakhir secara efektif.


Di Wahana Cipta Sinatria, kami membangun solusi yang tidak hanya menyediakan akses ke data tapi juga mereka menerapkan data tersebut untuk mengumpulkan insight dan membantu pelaku retail untuk membuat keputusan yang lebih cerdas yang akan mengembangkan bisnis mereka. Wahana Cipta Sinatria memiliki produk software unggulan terbaik dunia seperti Microsoft, INFOR dan NetSuite untuk membantu bisnis retail dalam berakselarasi bisnis dikondisi apapun dengan lebih baik, memanfaatkan analisis canggih dan pembelajaran mesin untuk memberikan penawaran dan pengalaman yang lebih relevan. Kalian bisa mendapatkan solusi yang tepat berupa cloud-based/on-premise mau pun hybrid.

42 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page