top of page

Tingkatkan produktivitas dan kelincahan bisnis dengan ERP modern



ERP modern membutuhkan perubahan budaya di seluruh organisasi


Tujuan dari sistem ERP modern adalah untuk menyatukan orang-orang Anda dengan tujuan yang sama. Hal ini memang membutuhkan perubahan budaya besar dalam pemikiran di seluruh perusahaan dengan pola pikir berbasis data di seluruh bisnis. Sementara banyak dari perubahan ini biasanya didorong oleh manajemen, meminta agen perubahan dari semua tingkatan perusahaan dapat memberi karyawan rasa kepemilikan atas perubahan yang akan mereka buat.


Sistem ERP modern telah ada selama lebih dari 100 tahun ketika mereka mulai sebagai kuantitas pesanan ekonomis (EOQ)—alat pengambilan keputusan untuk mengoptimalkan biaya persediaan. Seiring waktu, fungsionalitas tambahan ditambahkan, seperti keuangan dan CRM, dan setiap komponen diintegrasikan ke dalam satu unit. meskipun sulit untuk digunakan, sistem.


Definisi ERP yang disederhanakan adalah sistem atau solusi yang digunakan bisnis untuk mengelola aktivitas bisnis sehari-hari, seperti pengadaan, manajemen proyek, operasi, dan penjualan. Sistem ERP juga dapat memperkenalkan otomatisasi yang menggantikan tugas manual. Tujuan dari sistem ERP adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kelincahan bisnis.


Manfaat sistem ERP modern

Menerapkan atau meningkatkan ke ERP modern akan terdapat gangguan bisnis saat dalam tahap peralihan, sehingga dapat menyebabkan organisasi kehilangan fokus, atau gangguan proses bisnis yang dianggap perusahaan sebagai inti kesuksesan mereka. Meskipun begitu, keuntungan produktivitas dan peningkatan bisnis setelahnya akan sangat dirasakan oleh bisnis Anda jauh lebih besar daripada biaya dan risikonya.


Modernisasi memiliki dampak strategis pada bisnis. Tanpa akses ke sistem ERP modern, akan sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mendukung model bisnis baru dan mendapat manfaat dari peningkatan KPI yang menyertai implementasi ERP yang sukses.



Beberapa manfaat utama dari sistem ERP modern meliputi:


1. Ease of use—

Anda tidak dapat mencapai laba atas investasi (ROI) jika karyawan Anda tidak dapat menggunakan sistem ERP Anda. Sistem yang diperbarui lebih ramah pengguna, mendorong karyawan untuk mencari data dan mengintegrasikannya ke dalam proses pengambilan keputusan.


2. More informed business decisions—

Analisis perusahaan memungkinkan bisnis untuk menghubungkan data di seluruh silo bisnis dan menelusuri hasil keseluruhan dan KPI ke kontributor fungsional. Dengan sistem ERP modern, bisnis dapat menumbuhkan "pola pikir analitik" dalam organisasi untuk meningkatkan pengambilan keputusan berbasis data dan meningkatkan efektivitas operasional. Dengan menyelaraskan KPI perusahaan dengan tujuan departemen, tim dan individu memiliki gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana prioritas mereka memengaruhi kinerja bisnis secara keseluruhan.


3. The ability to attract and retain talent-

Tantangan utama bagi produsen dan distributor saat ini adalah pensiunnya karyawan dengan pengetahuan dan keahlian "suku" selama bertahun-tahun yang dikombinasikan dengan generasi baru pekerja yang kurang berminat untuk memulai karir manufaktur dan distribusi. Tanpa sumber daya ini, perusahaan Anda tidak akan ada. Generasi baru digital natives menuntut teknologi yang ramah pengguna dan mendukung cara mereka bekerja. Ini berarti perangkat lunak yang mencerminkan tampilan dan nuansa aplikasi yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mendukung akses langsung ke data dan kolaborasi. Bagi banyak produsen dan distributor, sistem ERP modern telah menjadi pembeda utama ketika menargetkan generasi pekerja ini.


4. Breaking down business silos to increase collaboration—

Dengan memperluas kemampuan ERP di luar operasi dengan platform modern, bisnis dapat meningkatkan kolaborasi di seluruh area fungsional untuk meningkatkan alur kerja dan meningkatkan produktivitas. Saat tim memanfaatkan komunikasi yang lebih baik dan data lintas fungsi, mereka dapat mengurangi waktu siklus dan meningkatkan akurasi. Alat sosial asli dalam sistem ERP memungkinkan tim untuk berbagi informasi yang kaya di seluruh wilayah dan zona waktu menggunakan perangkat yang mendukung pekerjaan di mana pun dan kapan pun diperlukan.


5. Improvement of key performance metrics—

Organisasi pada versi ERP terbaru melihat manfaat yang lebih signifikan dalam metrik seperti pengiriman yang lengkap dan tepat waktu, perputaran inventaris, kepatuhan jadwal internal, dan pengurangan biaya operasional. Peningkatan kinerja ini memiliki dampak langsung pada laba, yang bahkan dapat membayar untuk sistem ERP.


6. Utilize emerging technology—

Analisis, mobilitas, cloud, jaringan mitra, dan internet of things (IoT) menjadi dukungan penuh di lingkungan manufaktur dan distribusi modern. Misalnya, menggunakan IoT dan analitik bersama (seperti menerapkan analitik ke sensor murah pada mesin) dapat membantu mendukung pemeliharaan prediktif dan memungkinkan keuntungan lebih besar dalam model layanan baru. Sistem ERP yang ketinggalan zaman tidak dapat mendukung inovasi ini.



Rangkullah pola pikir berbasis data


Mengatakan bahwa sistem ERP membantu organisasi mengelola aktivitas bisnis sehari-hari bukan hanya penyederhanaan yang berlebihan, tetapi juga tidak membahas luas dan jangkauan sistem ERP modern. Sistem ERP modern tidak hanya menyentuh dan menghubungkan hampir setiap sudut operasional bisnis, tetapi juga membantu menumbuhkan pola pikir berbasis data di seluruh bisnis. Dengan demikian, mereka memberdayakan pemangku kepentingan utama untuk memanfaatkan informasi ini untuk pengambilan keputusan penting yang dapat menumbuhkan bisnis dan meningkatkan laba.


Source: https://www.infor.com/nordics/resources/improve-productivity-and-agility-with-modern-erp

28 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page